Mahasiswa Unitomo Ciptakan Game Edukasi untuk PAUD

Mahasiswa Unitomo Ciptakan Game Edukadi untuk PAUD

 

Ririn Triastiningsih, mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Universitas dr Soetomo (Unitomo) Surabaya, menciptakan game edukasi. Game tersebut  berupa media pembelajaran warna dan angka bagi anak-anak usia dini (PAUD).

Game edukasi tersebut berguna untuk memudahkan agar anak usia dini  mengenal angka dan warna. “Penciptaan game edukasi untuk pembelajaran agar anak usia dini dapat berkreativitas dan memudahkan penerimaan dalam hal daya ingat,” katanya, Rabu (26/3/2014).

Menurut dia, game edukasi ini menarik bagi anak dan tidak menjadikan bosan dalam belajar. Ada tiga menu utama yang disajikan dalam media pembelajarannya, yakni menu belajar, bermain, dan menggambar. Ketiganya  dikemas melalui permainan dan gambar-gambar menarik. Misalnya, di menu belajar ada dua materi yang disajikan yakni belajar warna dan angka.

Pada saat belajar warna akan muncul enam balon berwarna biru, merah, orange, hijau, kuning dan ungu. Jika salah satu balon di klik, maka akan muncul suara anak mengucapkan nama warna di balon tersebut.

Saat ditanyakan kenapa cuma ada enam warna yang dibuat untuk game edukasi itu, Ririn beralasan bahwa itu adalah warna dasar pengenalan bagi anak usia PAUD. “Di PAUD Cuma diajarkan enam warna dasar itu dan belum 12 warna,” jawabnya.

Pun dengan angka dan bagian yang lain. Siswa tidak hanya tahu warna, tapi juga akan mendengar suara dari warna tersebut secara langsung.

Agar siswa tidak bosan, Ririn memberi background berwarna serta diberi karakter kartun yang lucu, seperti tokoh Minion. Karakter berwarna kuning dengan baju biru tersebut menjadi pilihannya karena dinilai digemari anak-anak.

Dia lalu menambahkan, untuk mengisi suara di game edukasi tersebut, ia sengaja merekam suara keponakannya yang masih balita agar terlihat natural.

Game edukasi ini sudah diujikan di beberapa sekolah. Ririn berencana mengaplikasikan program tersebut ke dalam Android agar mudah di-download dan diinstal oleh para orang tua yang hendak memakai program tersebut.(wh)